Selasa, 26 September 2017

Tugas Komunikasi Bisnis (Softskill)

Nama : Muthiah Bonita
NPM : 17214661
Kelas : 4EA33

1. Pengertian Komunikasi Bisnis adalah bentuk komunikasi yang bisa berupa lisan maupun tulisan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dimana kita bisa mengeluarkan pendapat, gagasan, dan ide yang dimana dapat berhubungan dengan pencapaian bisnis yang diperbincangkan.

2. Proses Komunikasi 
Menurut Courtlenad L. Bovee dan Jhon V. Thill dalam buku Business Communication Today, proses komunikasi terdiri dari 6 tahap yaitu:
a. Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan.
b. Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan.
c. Pengirim menyampaikan pesan.
d. Penerima menerima pesan.
e. Penerima menafsirkan pesan.
f. Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik kepada pengirim.

3. Bagaimana Komunikasi yang Efektif
Ada beberapa hal yang diperlukan agar dapat melakukan komunikasi yang efektif yaitu:
a. Persepsi : Seorang komunikator yang cerdas harus dapat memprediksikan apakah pesan-pesan yang disampaikannya dapat diterima oleh komunikan sesuai dengan sudut pandang komunikan.
b. Ketepatan : Perlu adanya ekspresi agar komunikasi yang dilakukan tepat sasaran.
c. Kredibilitas : Komunikator perlu memiliki suatu keyakinan yang tinggi bahwa audiens adalah orang-orang yang dapat dipercaya.
d. Pengendalian : Dalam komunikasi, audiens akan memberikan suatu reaksi atau tanggapan terhadap pesan yang disampaikan.
e. Keharmonisan : Komunikator harus menjaga hubungan yang baik dengan audiens sehingga komunikasi dapat berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan.

4. Hambatan dalam Komunikasi
Adapun faktor penghambatnya antara lain:

  • Masalah dalam mengembangkan pesan
    Masalah dalam mengembangkan pesan dapat mencakup antara lain munculnya keragu-raguan tentang isi pesan, adanya pertentangan emosional, atau kesulitan dalam mengekspresikan ide atau gagasan.
  • Masalah dalam menyampaikan pesan
    Masalah dalam menyampaikan pesan yang paling jelas terkait dengan sarana fisik untuk komunikasi.
  • Masalah dalam menerima pesan
    Masalah dalam menerima pesan antara lain adanya persaingan antara penglihatan dengan suara, kursi yang tidak nyaman, lampu yang kurang terang, dan kondisi lain yang dapat mengganggu konsentrasi penerima.
  • Masalah dalam menafsirkan pesan
    Masalah dalam menafsirkan pesan antara lain yaitu perbedaan latar belakang, perbedaan penafsiran, serta perbedaan reaksi emosional antara pemberi dan penerima pesan.
Sumber :
Buku         : Komunikasi Bisnis Edisi Ketiga
Pengarang : Drs. Djoko Purwanto, M.B.A.
Penerbit     : Erlangga 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar